Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD IT Cendikia Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2022/2023

Suseno, Revina Arsyi (2023) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD IT Cendikia Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Revina Arsyi Suseno - 1801052022 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru di SD IT Cendekia Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang masih menggunakan model pembelajaran langsung yang terus menerus dan jarang menggunakan model pembelajaran yang lainnya. Proses pembelajarannya dimulai dari guru menjelaskan materi pelajaran di depan kelas, memberikan contoh soal, latihan soal, dan diakhiri dengan pemberian pekerjaan rumah (PR). Dalam pembelajaran langsung, kegiatan pembelajaran di kelas didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pada saat guru menyampaikan materi pelajaran, sebagian peserta didik hanya mendengarkan saja. Peserta didik mau bertanya kepada gurunya jika diberi stimulus oleh gurunya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD IT Cendikia Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang tahun pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah: guru kelas IV dan peserta didik kelas IV terdiri dari 15 perempuan dan 14 laki-laki dengan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD IT Cendikia Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang tahun pelajaran 2022/2023 diantaranya kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan yang berhubungan dengan prinsip, kesulitan dalam memahami simbol, kesulitan dalam memahami bahasa matematika.

Kata Kunci: Kesulitan, Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:37
Last Modified: 07 Nov 2023 01:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item View Item