Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak Kelas V Di SDN 21 Tulang Bawang Tengah

Aini, Kiki Nur (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak Kelas V Di SDN 21 Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI KIKI NUR AINI - 1901010043 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai andil yang besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswanya, guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama. Sikap dan perilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa, sehingga ucapan karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya dan bermoral. Masih banyak peserta didik yang belum bisa mengaplikasikan nilai-nilai karakter dilingkungan sekolah maupun dirumah. Berdasarkan hasil riset yang penulis lakukan di SDN 21 Tulang Bawang Tengah, bahwa masih ada peserta didik yang memiliki masalah karakter terutama kurangnya disiplin, kurangnya sopan satun siswa dalam pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk memilih judul tentang peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menanamkan nilai-nilai karakter anak kelas V di SDN 21 Tulang Bawang Tengah.

Berdasarkan permasalahan diatas pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menanamkan nilai-nilai karakter anak kelas v di SDN 21 Tulang Bawang Tengah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dalam menanakan nilai-nilai karakter Anak Kelas V di SD N 21 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif Kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan siswa. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan yang diperoleh peniliti bahwa peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menanamkan nilai-nilai karakter anak kelas V di SDN 21 Tulang Bawang Tengah adalah dengan melakukan peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter, yaitu: 1) Peran guru sebagai pengajar (demonstrator), 2) Peran guru sebagai pengelola kelas, 3) Peran guru sebagai mediator, 4) Peran guru sebagai motivator, 5) Peran guru sebagai evaluator.

Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Peran Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:38
Last Modified: 07 Nov 2023 01:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item View Item