Ayu, Novita Risma (2023) Analisis Penetapan Harga Plavon Wifon Pvc Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus Pada Toko Karya Abadi di Sridadi OKU Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NOVITA RISMA AYU 1903010050.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Plavon merupakan produk perlengkapan rumah tangga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Produk plavon selain memenuhi kebutuhan, plavon juga dapat memberikan kesan dalam umah sehingga terlihat lebih rapih dan nyaman. Namun dari berbagai manfaat tersebut produk plavon memiliki harga relatif, masyarakat dapat memberi kesan harga mahal atau murah tergantung dari kesanggupan konsumen dalam membeli produk plavon tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penetapan harga aproduk plavon wifon PVC terhadap keputusan pembelian konsumen perspektif etika bisnia Islam, serta ingin mengetahui alasan konsumen memutuskan membeli produk plavon toko Karya Abadi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sementara sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan menggunakan metode analisis data model miles and huberman, dan menggunakan teknik penjamin keabsahan data triangulasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penetapan harga produk plavon toko Karya Abadi dipengaruhi berdasarkan biaya pembelian produk, transportasi, dan upah karyawan. Selain itu penetapan harga juga dapat dipengaruhi oleh harga pesaing, keuntungan yang diinginkan serta harga tawar menawar antara produsen dengan konsumen. Selain dari sisi harga alasan konsumen membeli produk plavon toko Karya Abadi yaitu produk plavon yang dijual cukup lengkap sehingga konsumen dapat memilih produk yang diinginkan. harga yang ditetapkan juga tidak jauh dari harga plavon lain serta produk plavon toko Karya Abadi berkualitas baik dan tahan lama. Untuk penerapan etika bisnis Islam terkhusus pada prinsip-prinsip etika bisnis Islam, toko Karya Abadi belum sepenuhnya menerapkan pada usahanya. Berdasarkan 5 prinsip-prinsip etika bisnis Islam empat diantaranya sudah diterapkan yaitu kesatuan, kehendak bebas, keseimbangan, kebenaran sudah diterapkan. Namun untuk tanggungjawab belum sepenuhnya diterapkan oleh toko karya Abadi.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian Konsumen, Penetapan Harga, Perspektif
Etika Bisnis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:56 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8613 |
Actions (login required)
View Item |