Pangestika, Rani Tiara (2023) Pola Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Dalam Pembelajaran Kelas V SD Negeri 1 Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RANI TIARA PANGESTIKA - 1601050108 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Interaksi antara guru dengan siswa dalam pembelajaran merupakan hubungan aktif dua arah atau lebih dengan sejumlah pengetahuan sebagai mediumnya. Sehingga, interaksi itu merupakan hubungan bermakna, kreatif dan dapat memotivasi siswa meraih tujuan. Realitasnya, sebagian siswa tidak mampu melakukan interaksi edukatif dengan efektif, sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. Dari uraian di atas yang menjadi rumusan masalah: 1) bagaimana pola interaksi edukatif guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa? 2) apa saja kendala yang dihadapi dalam pola interaksinya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data degan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan sumber data primer dan data sekunder terkait dengan pola interaksi edukatif guru dengan siswa dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Metro Selatan.
Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) interaksi edukatif antara guru dan siswa dilakukan secara tatap muka, di samping itu guru menggunakan metode belajar yang bervariasi sehingga dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam berinteraksi edukatif selama proses pembelajaran. 2) kendala yang dihadapi dalam proses interaksi edukatif adalah siswa ada rasa malu untuk mejawab pertanyaan dari guru, siswa merasa takut untuk berpendapat, siswa kurang percaya diri dalam menjawab dan menanggapi pertanyaan dari guru, dan siswa mengalami kesulitan menjelaskan sesuatu di depan kelas.
Kata Kunci: Interaksi Edukatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8614 |
Actions (login required)
View Item |