Rabudi, Yudho Nugroho (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI YUDHO NUGROHO RABUDI - 1701080029 - T. IPS.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Meskipun tingkat kehadiran siswa tinggi, namun upaya untuk meningkatkan pendidikan terus dilakukan oleh pihak sekolah. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah yang masih belum tuntas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, faktor tersebut dapat timbul dari dalam diri siswa atau dari luar diri siswa. Faktor yang timbul dari dalam diri siswa seperti motivasi dan aktivitas belajar siswa, sedangkan dari luar adalah lingkungan belajar, sarana belajar, teman belajar, orang tua dan guru.
Berdasarkan masalah di atas, maka dirumuskan masalahnya: Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi yang didapatkan dari siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,759. Oleh karena 5,346 > 2,021 dan 6,377 > 2,021, maka dapat menolak Ho dengan kata lain ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Berdasarkan hasil uji F dengan perhitungan SPSS diperoleh nilai F 40,665 > 2,021, maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Besar derajat keeratan pengaruh motivasi belajar tergolong kontribusi kuat, dengan koefisien R Square (R2 ) = 0,552 sebesar 55,2%. Artinya pengaruh motivasi belajar dalam kontribusi sedang sebesar 55,2% terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan IPS Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Metro.
Kata Kunci: Motivasi belajar dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:40 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8628 |
Actions (login required)
View Item |