Ardini, Rini (2023) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MI Muhammadiyah Banarjoyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RINI ARDINI - 1601050081 - PGMI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Guru kelas IV yang menemukan permasalaha n dala m proses pembelajara n dikelas IV MI Muhammadiya h Banarjoyo. Pada proses pembelajara n tanpa media audio visual yang selama ini dilakukan berpeluang menciptakan siswa tampak kurang aktif, ana k hanya mendengarka n da n mencatat materi yang disampaika n gurunya. Penyampaia n pembelajara n dikelas lebih cenderung berpusat pada guru (teacher center) ole h sebab itu siswa banya k yang merasa bosa n, bermai n sendiri, da n mengobrol. Penggunaa n media da n metode yang kurang bervariasi dimungkinkan melahirkan hasil belajar IPA kelas IV SD MI Muhammadiya h Banarjoyo belu m mencapai KK M 64.
Penelitian kuantitatif ini, menggunakan pendekatan eksperimen dengan bentuk Pre-eksperimental desain dengan tipe One-Group pretest-posttest. Peneliti memperoleh sampel dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas,dan Uji Hipotesis (Uji T).
Hasil uji t yang dilakukan mendapatkan nilai Sig sebesar 0.431 dan T hitung sebesar 0.804 dan T Tabel sebesar 0.684, terlihat bahwa nilai T hitung lebih besar dari T tabel (0,804>0,684). Sesuai rumusan hipotesis dinyatakan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Muhamadiyah Banarjoyo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Media Audio Visual dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:31 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8631 |
Actions (login required)
View Item |