Kharisma, Inggar Ayu (2023) Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta'limul Muta'allim terhadap Adab Belajar Santri di Pondok Pesantren Daarul 'Ulya Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi INGGAR AYU KHARISMA - Inggar Ayu Kharisma.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Kitab Ta`limul Muta`allim merupakan kitab yang menjadi pedoman bagi penuntut ilmu. Kitab ini sangat berpengaruh dalam pembentukan akhlak, etika serta adab santri. Dengan berpedoman pada kitab ini mempermudah para penuntut ilmu untuk mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan dengan lebih leluasa dan menjadi ilmu yang bermanfaat. Sedangkan adab belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri seseorang dalam kepribadiannya dan dengan adab dapat meningkatkan perilaku sopan, santun, dan disiplin terhadap gurunya, karena adab lebih tinggi daripada ilmu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh pembelajaran kitab Ta‟limul Muta‟allim terhadap adab belajar santri di Pondok Pesantren Daarul `ulya Kota Metro? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kitab Ta‟limul Muta‟allim terhadap adab belajar santri di Pondok Pesantren Daarul `ulya Kota Metro. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari kelas al-Imriti, alfiyah Awal, dan alfiyah Tsani yang keseluruhannya berjumlah 33 santri. Yaitu terdiri dari 9 santri laki-laki dan 24 santri perempuan.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket berupa angket tertutup dan dokumentasi. Angket ini ditujukan kepada santri untuk memperoleh data tentang pembelajaran kitab Ta‟limul Muta‟allim dan adab belajar santri, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya Pondok Pesantren Daarul `Ulya, visi, misi serta tujuan, keadaan ustadzah dan pengurus pondok, keadaan santri dan keadaan sarana prasarana di Pondok Pesantren Daarul `Ulya. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment untuk mengukur besarnya pengaruh pembelajaran kitab Ta`limul Muta`allim dan tingkat signifikansi antara variabel x dan y yang dikonsultasikan dengan r tabel yaitu dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data menggunakan rumus product moment, diperoleh hasil r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signfikansi 5% sebesar 0,355. Dengan demikian nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5%(0,460>0,355). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Ta`limul Muta`allim terhadap adab belajar santri di Podok Pesantren Daarul `Ulya Kota Metro. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kitab Ta`limul Muta`allim terhadap adab belajar santri yaitu dengan kontribusi sebesar 22%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Ta`limul Muta`allim berpengaruh terhadap adab belajar santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:37 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8643 |
Actions (login required)
View Item |