Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Bimbingan Guru terhadap Kemampuan Membaca al-Qur'an Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandar jaya

Anggraini, Yesi Setia (2023) Pengaruh Bimbingan Guru terhadap Kemampuan Membaca al-Qur'an Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandar jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YESI SETIA ANGGRAINI - Yesi Setia.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Guru adalah sebagai pembimbing, pendidik dan pengarah yang mempunyai citra baik di masyarakat, apabila dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Akan tetapi terkadang guru kurang memberikan bimbingan terhadap siswanya, sehingga siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar yang kelak akan mempengaruhi hasil belajar siswanya. Sedangkan bimbingan yang diperankan oleh guru sebagai seorang pembimbing bagi siswa ada yang sudah maksimal dan ada juga yang belum sepenuhnya maksimal dalam membimbing siswanya. Seperti guru kurang membimbing kesalahan membaca Al-Qur‟an pada siswanya, pada saat siswanya salah membaca Al-Qur‟an, guru kurang dalam memberikan catatan untuk dipahami sehingga kesalahan yang sama terjadi lagi.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandarjaya?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandajaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas II yang berjumlah 25 responden.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), tes (lisan), dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditunjukkan kepada peserta didik untuk mencari data tentang pengaruh bimbingan guru, serta metode tes (lisan) ditunjukkan untuk mengetahui data kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya sejarah berdirinya Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandarjaya, visi misi dan tujuan, keadaan guru, keadaan siswa dan keadaan sarana dan prasarana di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandarjaya.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan guru terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Islam Bandarjaya. Hal ini dibuktikan dari diuji korelasinya menggunakan rumus Person Product Moment dan diperoleh hasil rxy yaitu 0,5970. Kemudian besarnya koefisien korelasi dengan menggunakan uji t, adapaun harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,032. harga tersebut thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,568 > 2,069 (thitung > ttabel ). Hasil perhitungan koefisien determinasi,bimbingan guru mempunyai konstribusi atau pengaruh sebesar 36% dalam mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas II MDA Nurul Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:38
Last Modified: 07 Nov 2023 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item