Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektifitas Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum Sekampung Lampung Timur

Nasrulloh, . (2023) Efektifitas Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum Sekampung Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Nasrulloh - 2071010024 - PAI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan proses pembelajaran dalam lingkup mata pelajaran PAI di SMP Darul Ulum Sekampung Lampung Timur memunculkan kesenjangan antar siswa, baik dari segi pencapaian hasil maupun keaktifan dalam mengikuti kegiatan. Hal ini berdampak pada banyak siswa yang mendapat tugas tambahan, baik tugas individu maupun kelompok.

Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana desain pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pendidikan agama Islam di SMP Darul Ulum Sekampung Lampung Timur? dan bagaimana efektifitas pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pendidikan agama Islam di SMP Darul Ulum Sekampung Lampung Timur? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan model Stephen Kemmis dan Taggart 3 silus. Setiap siklusterdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Alat pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Tes terdiri dari pre-test, post-test I, dan post-test II, dan post-test III. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang dapat diterapkan dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum Sekampung Lampung Timur adalah desain jigsaw dengan 5 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang yang bersifat heterogen dari segi kemampuan akademik dan latar belakang sosial. Setiap kelompok memiliki pemimpin, dan materi pelajaran dibagi menjadi beberapa topik pembahasan yang sesuai dengan jumlah siswa dalam kelompok. Setiap siswa belajar satu topik pembahasan tertentu, dan kemudian siswa dengan topik pembahasan yang sama dari kelompok yang berbeda berkumpul dalam kelompok tim ahli untuk berdiskusi. Setelah itu, mereka kembali ke kelompok asal masing-masing dan menjelaskan hasil diskusi kepada anggota kelompok lainnya. Guru memantau diskusi dan melakukan penilaian individu melalui kuis.

Pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar PAI. Hal ini dibuktikan dari hasil uji signifikansi yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test I, antara post-test I dan post-test II. Selain itu, juga terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test II dan post-test III. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran PAI, mendorong siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran agama, memperluas wawasan mereka melalui kolaborasi dengan teman sekelompok, dan mengembangkan keterampilan sosial.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:32
Last Modified: 07 Dec 2023 01:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item View Item