Khoiriyah, Assyifaun Nadia (2023) Komparasi Pembelajaran Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTsN 1 Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS ASSYIFAUN NADIA KHOIRIYAH - 2171010049 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah tersebut, yaitu sebagian orang tua sibuk bekerja sehingga tidak punya banyak waktu dan bersikap merasa cukup dengan pembelajaran membaca al-Qur’an di sekolah, sehingga siswa tidak belajar di rumah dan mengalami keterhambatan dalam membaca, masih terdapat siswa yang sudah bisa menyambung bacaan dan lancar dalam membaca namun belum sesuai kaidah Ilmu Tajwid, kurangnya alokasi waktu, ketertarikan siswa dalam belajar membaca al-Qur’an menjadi kurang, disebabkan karena bosan, sulit dalam mempelajarinya,dan metode yang digunakan kurang tepat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an siswa menggunakan metode tilawati dan metode iqro’ di MTsN 1 Lampung Timur? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat metode tilawati dan metode iqro’ di MTsN 1 Lampung Ttimur dalam kemampaun membaca al-Qur’an? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an menggunakan metode tilawati dan metode iqro’ di MTsN 1 Lampung Timur.
2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat metode tilawati dan metode iqro’ di MTsN 1 Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kuantitatif.
Berdasarkan peneltian ini diperoleh kesimpulan kemampuan membaca al-Qur’an menggunakan metode tilawati berketagori mampu dengan efektivitas 3 sampai 4 bulan. Sedangkan metode iqro berkategori cukup mampu dengan efektivitas waktu 5 sampai 6 bulan. Adapun faktor pendukung metode tilawati dan Iqro’ yaitu: peserta didik, diketahui siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran metode tilawati,tenaga pengajar/Guru, guru mengetahui memiliki pengetahuan mengenai metode tilawati sedangkan faktor penghambat metode tilawati dan metode iqro’ yaitu: diketahui siswa malas untuk mengulang pelajaran dirumah, terbatasnya jumlah pengajar penghambat tercapainya efektivitas pengelolaan kelas.
Kata Kunci : Membaca Al-Qur’an, Komparasi, Metode Tilawati dan Metode Iqro’.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8653 |
Actions (login required)
View Item |