Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII MTs Nurul Ulum Payung Rejo Lampung Tengah

Muhajiroh, Ninik (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII MTs Nurul Ulum Payung Rejo Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Ninik Muhajiroh - 2171010072 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik dapatditerapkan di Kelas VII MTs Nurul Ulum Payung Rejo Lampung Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi Borg and Gall yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap pengumpulan informasi, b) tahap perencanaan, c) tahap pengembangan produk, serta d) tahap validasi dan uji coba. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Angket ditujukan kepada validator ahli materi, ahli kurikulum dan ahli bahasa serta uji coba ke pesertadidik kelas VII sejumlah 20 pesertadidik dan tanggapan guru akidah akhlak Kelas VII MTs Nurul Ulum Payung Rejo Lampung Tengah.

Hasil validasi oleh ahli materi terhadap Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII diperoleh total skor secara keseluruhan sebanyak 44 dengan persentase sebesar 76 % termasuk dalam kriteria Layak. Hasil validasi oleh ahli Kurikulum terhadap Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII didapatkan total skor secara keseluruhan sebanyak 50 skor dengan persentase sebesar 86% termasuk dalam kriteria Sangat Layak. Hasil validasi oleh ahli Bahasa terhadap Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII didapatkan total skor secara keseluruhan sebanyak 90 skor dengan persentase sebesar 89,35 % termasuk dalam kriteria Sangat Layak. Hasil Uji Modul terhadap Kelas VII MTs didapatkan total skor secara keseluruhan sebanyak 864 dengan persentase sebesar 88,67 % dalam kriteria Sangat Layak. Sedangkan hasil tanggapan guru akidah akhlak Kelas VII terhadap Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII didapatkan skor secara keseluruhan sebanyak 44 dengan persentase sebesar 87,5 % dalam kriteria Sangat Layak. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teori Humanistik Pada Kelas VII di MTs Nurul Ulum Payung Rejo Lampung Tengah sangat layak digunakan secara segi kebutuhan, pengembangan dan kelayakan modul tanpa revisi dan dapat diuji cobakan.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, Humanistik, dan Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:33
Last Modified: 07 Dec 2023 01:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item