Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Dalam Kitab Adabul ʿālim Wal Mutaʿallim Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di Pesantren Mafatikhul Huda Sendang Asri

Ardiyansah, Yusup (2023) Implementasi Nilai-Nilai Etika Belajar Dalam Kitab Adabul ʿālim Wal Mutaʿallim Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di Pesantren Mafatikhul Huda Sendang Asri. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Yusup Ardiyansah - 2171010081 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Dewasa ini, dunia pendidikan pesantren dihadapkan dengan fenomena menurunnya etika dalam belajar dan kepribadian santri. Hal tersebut disebabkan oleh berkembangnya kemajuan globalisasi, budaya luar pesantren, kurangnya perhatian dari kedua orang tua dan tidak taatnya santri terhadap tata tertib pesantren yang telah ditentukan. Pendidikan etika dan pembentukan kepribadian santri merupakan program yang sudah lama terlaksana di Pesantren Mafatikhul Huda Sendang Asri yaitu dengan mengajarkan kitab Adabul ʿālim wal mutaʿallim dan pembentukan program pesantren. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi nilai-nilai etika belajar dalam kitab Adabul ʿālim wal mutaʿallim membentuk kepribadian santri serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus kajian implementasi nilai-nilai etika belajar dalam kitab dalam membentuk kepribadian santri. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan metode triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Sedangkan analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dalam mengimplementasikan nilai-nilai etika belajar dalam kitab Adabul ʿālim wal mutaʿallim dalam membentuk kepribadian santri yaitu; pembelajaran kitab ini dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi implementasi nilai-nilai etika belajar dalam kepribadian santri yaitu dengan adanya program khitobah, tahajud bersama, berbahasa jawa halus, dan muhafadzoh, kegiatan spontan, Suri Tauladan, tata tertib dan budaya pesantren. Faktor penghambat implementasinya yaitu kepribadian bawaan santri, pelanggaran tata tertib pesantren, jenjang waktu belajar santri, dan budaya luar pesantren. Adapun faktor pendukungnya yaitu Suri Tauladan guru, media elektronik, sarana prasarana, serta antusias atau motivasi santri dalam mengaji.

Kata Kunci : Kitab Adabul ʿālim wal mutaʿallim , Etika Belajar, Kepribadian Santri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:34
Last Modified: 07 Dec 2023 01:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8658

Actions (login required)

View Item View Item