Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Madrasah Aliyah Nurul ‘Ulum Kota Gajah

Robbani, Afifuddin Ahmad (2023) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Project-Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Madrasah Aliyah Nurul ‘Ulum Kota Gajah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS AFIFUDDIN AHMAD ROBBANI - 2171010042 - PAI.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan siswa dan guru Madrasah Aliyah Nurul ‘Ulum terhadap pengembangan bahan ajar digital berbasis Project Based Learning (2) mengembangkan bahan ajar digital berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul ‘Ulum Kotagajah (3) mengetahui kelayakan bahan ajar digital berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul ‘Ulum Kotagajah

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang dilakukan dengan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebar luasan). Lembar instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar analisis kebutuhan siswa dan guru, lembar validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli teknologi, angket respon siswa pada uji coba skala kecil dan Lembar Hasil Belajar (TBH) berupa pretest dan posttest pada uji coba skala besar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan pengembangan hasil validasi ahli terhadap produk yang dikembangkan yaitu rata-rata prosentase sebesar 90.3 % dengan tingkat validasi sangat valid. Hasil kemenarikan buku berdasarkan hasil penilaian uji coba lapangan siswa kelas XI terhadap penggunaan bahan ajar digital diperoleh skor 81.6% dengan kriteri sangat menarik. berdasarkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengunakan modul melalui soal pretest dan posttest diperoleh tingkat different sebesar 7,84. Selain itu diketahui juga bahwa t hitung > ttabel atau 5,23 (t hitung) ≥ 2,06 (t tabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan terdapat pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan bahan ajar digital berbasis Project Based Learning untuk kelas XI.

Kata Kunci : Bahan Ajar Digital, Pengembangan, Akidah Akhlak, Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2023 05:13
Last Modified: 19 Nov 2023 05:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8662

Actions (login required)

View Item View Item