Wardani, Suci Kurnia (2023) Implementasi Pembelajaran Pai Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah Abung Semuli. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS SUCI KURNIA WARDANI - 2071010033 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Mind mapping ini merupakan salah satu cara untuk menjadikan belajar lebih efektif dan kreatif. Mind mapping juga merupakan peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkinkan kita menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran PAI berbasis Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah Abung Semuli, untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran pai berbasis Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah Abung Semuli, untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran PAI berbasis Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah Abung Semuli, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI berbasis Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah Abung Semuli.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa peta pikiran atau Mind mapping yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mampu meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran PAI berbasis Mind mapping supaya peserta didik memiliki peta pikiran yang tersusun sehingga dapat memahami lebih mudah.
Faktor pendukung pembelajaran metode mind mapping, adalah: Guru profesionalis, keberhasilan penggunaan metode mind mapping di sangat bergantung pada kinerja seorang guru. Untuk mewujudkan profesionalisme tersebut dapat dilihat dalam persiapan pembelajaran, pengolahan pembelajaran, penggunaan metode serta evaluasi seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pembelajaran Mind mapping yaitu meliputi, Kurang kompaknya kelompok. Di dalam pembagian kelompok pada proses pembelajaran yang berlangsung ada beberapa hal yang perlu di perhatikan bahwasanya ada beberapa kelompok yang kurang kompak dalam menyelesaikan tugas pembelajaran, maka dari itu tugas sebagai seorang guru memberikan motivasi atau dorongan kepada peserta didik yang malas pada kelompok tersebut sehingga proses pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Mind mapping, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 13:56 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 13:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8663 |
Actions (login required)
View Item |