Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Metro

Aini, Latri Ida (2023) Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS LATRI IDA AINI - 2171010066 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan modul pendidikan agama Islam berbasis TPACK (Technological, Pedagogical and Contetnt Knowledge) pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Metro. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kebutuhan siswa pada pembelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 3 Metro (2) untuk mengembangkan modul PAI Berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Metro, dan (3) untuk mengetahui kelayakan modul PAI berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Metro.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model 4D oleh Thiagarajan yaitu define, design, develop and disseminate. Validasi produk dilakukan 3 dosen ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli teknologi, kemudian diuji cobakan kepada siswa dalam uji coba skala kecil dan dilanjutkan pada uji coba skala besar. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Metro. Data diperoleh melalui angket, soal pretest dan posttest.

Berdasarkan validasi ahli yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil validasi ahli materi diperoleh skor 92% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli bahasa diperoleh skor 90% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli teknologi diperoleh skor 87% dengan kriteria sangat valid. Pada uji coba terbatas atau skala kecil pada siswa diperoleh hasi 81,6% dengan kriteria sangat menarik. Adapun hasil analisis yang dilakukan pada uji coba skala besar melalui pretest dan postest, terdapat kenaikan hasil belajar sebesar 13,3 dan t hitung > t tabel dengan hasil 4,7 (t hitung) ≥ 2,064(t tabel) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan modul PAI berbasis TPACK atau menunjukkan hasil posttest lebih baik dari pretest. Sehingga Dapat disimpulkan bahwa modul PAI berbasis TPACK yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci : Modul, Pengembangan, Pendidikan Agama Islam, TPACK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:17
Last Modified: 07 Dec 2023 01:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item