Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Optimalisasi Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing Di Wilayah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Dalam Perspektif Bisnis Islam

Sukmayani, Eka (2023) Optimalisasi Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing Di Wilayah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Dalam Perspektif Bisnis Islam. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS EKA SUKMAYANI - 2171040023 - ESY.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di era saat ini mulai melakukan perubahan diberbagai bidang guna mengimbangi kemajuan teknologi dan membuat badan usaha UMKM terlihat lebih maju dan modern. Seperti yang diketahui bersama, anak muda sekarang atau yang dikenal dengan generasi milenial menyukai hal-hal yang bersifat cepat atau instan. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan selalu meningkat dan Profit. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji lebih mendalam mengenai Optimalisasi Pengembangan Pemasaran Umkm Melalui Digital Marketing Di Wilayah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Dalam Perspektif Bisnis Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing Di Wilayah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Dalam Perspektif Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpul data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Pelaku UMKM Bakoel Kue Kuliner, UMKM Mitra Bunda, UMKM Zhafir Cake and Cookies, UMKM Kerajinan Gerabah, UMKM Opak Manggleng, dan UMKM Aneka Keripik di Wilayah Kecamatan Batanghari, Kepala Seksi Bidang Kesra yang menangani terkait UMKM Kecamatan Batanghari dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Timur. Dokumentasi diambil Dari data Kepala Seksi Bidang Kesra yang menangani UMKM Kecamatan Batanghari, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Timur dam buku-buku yang mendukung. Tekhnik penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara menguraikan, merinci ke dalam kalimat-kalimat sehingga dapat ditarik kesimpulan sebagai jawaban dari pembahasan mengenai Optimalisasi Pengembangan Pemasaran UMKM Melalui Digital Marketing Di Wilayah Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Dalam Perspektif Bisnis Islam.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di wilayah Kecamatan Batanghari, Optimalisasi pengembangan pemasaran UMKM Di wilayah Kecamatan Batanghari melalui Digital Marketing terdapat 31 UMKM dengan persentase sejumlah 70 % pelaku UMKM belum menerapkan Digital Marketing dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait penggunaan Digital Marketing. sedangkan 30 % diantaranya UMKM Bakoel Kue Kuliner, UMKM Mitra Bunda, UMKM Zhafir Cake and Cookies, dan UMKM Kerajinan Gerabah sudah menerapkan pengembangan pemasaran menggunakan Digital Marketing dengan terus berupaya melakukan pengembangan pemasaran seperti inovasi produk yang lebih beragam dan berkualitas serta pengembangan media promosi yang lebih menarik menggunakan media jejaring sosial (Facebook, Instagram, dan Watshaap)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:17
Last Modified: 07 Dec 2023 01:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8666

Actions (login required)

View Item View Item