Sujono, Ismail (2023) Konsep Pendidikan Islam Ideal Menurut Ahmad Syafii Maarif. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS Ismail Sujono - 2171010063 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Islam dalam perjalanannya sejak periode Nabi hingga saat ini sudah mengalami berbagai perubahan dan inovasi dari berbagai tempat dan zaman. Perubahan ini terjadi tidak lepas dari tuntutan dari sebuah kemajuan suatu peradaban saat itu. Permasalahan-permasalahan yang terjadi dari setiap tempat dan zaman tentulah berbeda dan semakin rumit dari waktu ke waktu. Yang awal mulanya pendidikan agama Islam diajarkan oleh Nabi Saw. kepada para sahabatnya, dan para sahabat mengajarkan apa yang mereka dapatkan dari Nabi kepada para tabiin, dan para tabiin mengajarkannya kepada para tabiut tabiin, dan begitulah seterusnya salah satu tradisi keilmuan dalam Islam yang masih dilestarikan sampai sekarang, yang kita kenal dengan konsep sanad.
Ahmad Syafii Maarif sebagai seorang tokoh nasional dan guru bangsa berpandangan, bahwa rendahnya kualitas pendidikan umat Islam di Indonesia disebabkan oleh strategi pendidikan yang ditawarkan oleh pemerintah masih banyak kekurangan sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Apa yang dimaksud Ahmad Syafii Maarif dengan konsep Pendidikan Islam Ideal? 2) Bagaimana strategi dan penerapan konsep Pendidikan Islam menurut Ahmad Syafii Maarif di Indonesia? Jenis penelitian ini adalah penelitian Library Reasearch atau kajian pustaka.
Kesimpulan penelitian ini Konsep Pendidikan Islam Ahmad Syafii Maarif berdasarkan yang sudah dipaparkan pada bagian bab sebelumnya, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Konsep Pendidikan Islam Ahmad Syafii Maarif, terdapat ada dua pendekatan yang sangat dominan yang digunakannya. Pertama, pendekatan historis dan yang kedua, pendekatan sosiologis. Secara intens Ahmad Syafii Maarif memaparkan kondisi pendidikan Is1am dalam lalu lintas sejarah yang pernah dilalui umatnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya yang membawa dampak pada bangunan pemikiran dan filsafat Pendidikan Islam masa kini. 2) Penerapan Pendidikan Islam bertujuan membentuk manusia yang unggul secara intelektual, kaya dalam amal serta anggun dalam moral dan kebijakan, yang dalam al-Quran diistilahkan "Ulul Albab”.
Kata Kunci : Pendidikan Islam Ideal, Ahmad Syafii Maarif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:17 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8668 |
Actions (login required)
View Item |