Pratiwi, Tresa Permas (2023) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Permainan Warna di TK PKK Tunas Pertiwi Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TRESA PERMAS PRATIWI NPM. 1901040014 - Tresa Permas Pratiwi.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Kreativitas sebagai kemampuan seseorang untuk menghasilkan produk, komposisi, atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya. Dari 17 anak dalam satu kelas di kelompok B, kreativitas anak belum berkembang secara keseluruhan dalam menggunakan permainan warna. Dapat dilihat dari hasil observasi terdapat 0 anak masuk kategori Berkembang Sangat Baik, 3 anak masuk kategori Berkembang Sesuai Harapan, 4 anak Mulai Berkembang dan 9 anak Belum Berkembang. Karena masalah tersebut, peneliti dan guru berpendapat bahwa sangat perlu meningkatkan pembelajaran tentang warna untuk meningkatkan kreativitas anak di TK PKK Tunas Pertiwi Lampung Tengah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 suiklus, dalam 1 sikul terdapat 3 kali pertemuan, sehingga total keseluruhan menjadi 6 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat 4 tahap kegiatan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa anak mulai menunjukkan imajinasinya, menunjukkan minat dan bakatnya, mengekspresikan diri dengan cara kreativ dalam permainan warna dan menunjukkan ketekunan kreativitas. Hal tersebut menunjukkan bahwa kreativitas sudah meningkat sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:10 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8670 |
Actions (login required)
View Item |