Yana, Hawwin Huda (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS HAWWIN HUDA YANA - 2171010059 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Akhlak yang baik merupakan suatu kajian dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penguasaan tentang akhlak yang baik sangat penting agar peserta didik bisa hidup bahagaia dalam masyarakat. Untuk menguasai kompetensi tersebut, diperlukan media yang mendukung untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selama penelitian, peneliti menemukan bahwa guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab yang berasal dari buku paket dan LKS. Metode ini menjadikan siswa bosan dan tidak menarik, sehingga menurunkan prestasi belajar mereka. Setelah mengetahui masalah ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis Autoplay dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis AutoPlay pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti Lampung Tengah 2) Bagaimana tingkat keefektifan, dan kemenarikan media pembelajaran berbasis AutoPlay pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti Lampung Tengah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Thiagarajan. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang dipakai dalam penelitian pengembangan ini ialah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berbasis Autoplay yang berbentuk hard file dan CD/DVD. Pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay sangat memberi dampak positif terhadap keefektifan dan kemenarikan proses pembelajaran serta hasil belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul ‘Ulum Jayasakti Lampung Tengah, khususnya pada materi Mengenal Allah Swt Melalui Asmaul Husna. Hal ini terbukti dari hasil penilaian angket siswa terhadap media pembelajaran berbasis autoplay, yang menyatakan bahwa tidak hanya menyenangkan dan menarik bagi siswa, akan tetapi juga dapat membantu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Selain itu berdasarkan hasil validasi ahli media (presentase tingkat pencapaian 83%), ahli materi (presentase tingkat pencapaian 90%), dan guru pengampu (presentase tingkat pencapaian 94%) menunjukkan bahwa media pembelajaran Autoplay yang dikembangkan efektif, menarik dan layak digunakan.
Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Autoplay, Aqidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:18 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8671 |
Actions (login required)
View Item |