Pratama, DwiNanda Yuda (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro dalam Belanja Online Secara Kredit Melalui Marketplace. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
DWINANDA YUDA PRATAMA_1903011041.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Berbelanja secara online merupakan kegiatan paling popular di samping email dan web browsing. seperti berbelanja buku, tiket, pakaian, sepatu, video games, dan produk-produk lainnya yang merupakan item-item paling popular di internet. Hal tersebut menimbulkan terciptanya marketplace yang merupakan model transaksi jual beli baru yang berkembang seiring pesatnya perkembangan infrastruktur teknologi informasi. Dengan adanya marketplace tersebut setiap orang dapat melakukan aktivitas jual beli dengan mudah, cepat dan murah karena tidak ada batas ruang, jarak dan waktu, aplikasi belanja online yang terdapat di Indonesia beragam. Shopee menjadi aplikasi belanja daring pertama yang membuat pengguna aplikasi tersebut dapat menjelajahi, berbelanja, maupun menjual berbagai jenis produk. PayLater adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit dimana perusahaan aplikasi menalangi dulu pembayaran tagihan pengguna di merchant setelahnya pengguna membayar tagihan tersebut kepada perusahaan aplikasi.Fitur ini banyak digunakan karena dapat memudahkan para pengguna marketplace, dengan adanya fitur ini juga dapat memberikan pengalaman berbelanja secara cepat dan praktis serta banyak promo menarik yang didapatkan.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa IAIN Metro khususnya jurusan Ekonomi Syariah dalam belanja online secara kredit melalui marketplace, penelitian mengunakan metode kualitatif lapangan (fieldresearch). Informasi yang dibutuhkan dalam hal ini adalah mahasiswa IAIN Metro jurusan Ekonomi Syariah yang melakukan transaksi belanja online menggunakan fitur paylater. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah para mahasiswa IAIN Metro jurusan Ekonomi Syariah pengguna paylater. Faktor yang paling utama yang di utarakan dari responden tentang minat mereka menggunakann fitur paylater untuk bertransaksi dalam belanja online melalui marketplace meliputi facilitating conditions (Memfasilitasi Kondisi), faktor kemudahan karena dengan itu mereka dapat bertransaksi saat belanja online secara kredit dengan keterbatasan dana yang dimiliki dan kemudahan yang di berikan pada saat pembayaran dan juga kemudahan dalam mengakses fitur yang dapat dilakukan kapanpun dan dimana pun.
Kata Kunci: Paylater, Belanja Online, Marketplace
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:31 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8673 |
Actions (login required)
View Item |