Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perbandingan Penerapan Strategi Problem Based Learning Dan Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Bustanul Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah

Marfianto, Eko Wahyu (2023) Perbandingan Penerapan Strategi Problem Based Learning Dan Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Bustanul Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS EKO WAHYU MARFIANTO - 2071010013 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Tesis ini membahas mengenai perbandingan tentang strategi Problem Based Learning (PBL) dan Flipped Classroom (FCL) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi Tata Cara Shalat Fardlu Bagi Orang Sakit pada siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman siswa yang diajar dengan strategi Problem Based Learning (PBL) dan Flipped Classroom (FCL) pada materi Tata Cara Shalat Fardlu Bagi Orang Sakit pada siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah Desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Bustanul ‘Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah. Sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial.

Analisis data menunjukkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Bustanul ‘Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah pada materi Tata Cara Shalat Fardlu Bagi Orang Sakit yang diajar dengan melalui; pertama strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berada pada kategori sedang, dengan persentase 35% dari 20 peserta didik dan nilai rata-rata sebesar 88. Sedangkan strategi pembelajaran Flipped Classroom (FCL) hasil belajar berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata 78 dengan peningkatan 10. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thit = 5,49 dengan nilai ttab = 2,024 dengan dk = 38. Dimana nilai thit>ttab sehingga H0 ditolak, H1 diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Flipped Classroom (FCL) pada materi Tata Cara Shalat Fardlu Bagi Orang Sakit kelas VII MTs Bustanul ‘Ulum Jayasakti Kab. Lampung Tengah.

Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Problem Based Learning, Flipped Classroom

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2023 04:51
Last Modified: 19 Nov 2023 04:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item