Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Lingkungan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah

Nurhamidah, Siti (2023) Peran Lingkungan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Siti Nurhamidah - 2171010079 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan belajar, untuk mengetahui Peran lingkungan belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui solusi mengatasi permasalahan lingkungan belajar siswa kelas VIII MTS di Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif Subjek penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah Tri Bakti Al Iklas 2, Madrasah Tsanawiyah Al muawanah dan Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum. Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru mata pelajaran aqidah akhlak dan kepala sekolah di setiap madrasah dan pada siswa-siswi di setiap madrasah. Observasi dilakukan oleh penulis untuk dokumentasi melihat lingkungan belajar siswa yang ada di 3 madrasah tersebut peserta untuk melihat peran lingkungan belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) lingkungan belajar berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas VIII MTS di Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah. 2) Kondisi lingkungan belajar dari aspek fisik maupun aspek sosial tergolong cukup baik dukung dengan fasilitas maupun sarana prasarana yang ada. Peran lingkungan belajar dalam meningkatkan hasil belajar berperan di tiga aspek hasil belajar yaitu afektif kognitif maupun psikomotorik. 3) Lingkungan belajar berperan di dalamnya dalam meningkatkan 3 aspek tersebut. Solusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan belajar tentunya ada dua yaitu permasalahan lingkungan belajar fisik dan permasalahan lingkungan belajar sosial keduanya memiliki permasalahan masing-masing dan cara penyelesaiannya di setiap sekolah dengan berbeda-beda.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peran lingkungan belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa VIII MTS di Kecamatan Anak Tuha Lampung Tengah. Srana prasarana yang baik dan lingkungan sosial yang baik tentunya dapat meningkatkan hasil belajar baik segi afektif, kognitif, maupun psikomotorik. Karena lingkungan belajar adalah satu kesatuan menyeluruh dari lingkungan sekolah itu sendiri, maka lingkungan belajar yang baik tentunya dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2023 04:51
Last Modified: 19 Nov 2023 04:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8677

Actions (login required)

View Item View Item