Amrulloh, Syarif (2023) Strategi Pengajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum (Putra) Jayasakti Anak Tuha Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS SYARIF AMRULLOH - 2171030020 - PBA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Strategi bagian yang penting dan tidak terlepaskan dalam menyukseskan pembelajaran. dalam strategi pengajaran Bahasa arab memprioritaskan keterampilan mendengar dan berbicara sebagai baha komunikasi adalah Langkah awal yang perlu diprioritaskan. Karna dengan penguasaan dua keterampilan trsebut akan memudahkan dalam menguasai keterampilan yang lain ( membaca dan menulis). Pondok Pesantren Pembangunan Bustanul Ulum (Putra) Jayasakti Anak Tuha Lampung Tengah merupakan Lembaga Pendidikan yang telah lama menyelenggarakan pengajaran Bahasa arab namun masih sedikit sekali santri yang terampil menggunakan Bahasa arab sebagai Bahasa komunikasi, terkhusus kemampuan mendengar. Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu pertama, mendeskripsikan strategi pengajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan menyimak, kedua mengetahui tingkatan kemampuan menyimak santri. Ketiga, mengetahui problematika pengajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan menyimak menyimak. Keempat menemukan solusi dalam pengajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menyimak.
Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : pertama, Strategi pengaaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan mendengar dilakukan dengan melibatkan unsur- unsur pengajaran yaitu tujuan, materi, metode, media, evaluasi dan kegiatan lanjutan. Kedua, tingkatan menyimak siswa dipondok pesantren bustanul ulum (putra) adalah tingkatan pemula (mendengar dan memahami). Ketiga, Hambatan hambatan yang dialami dalam pengajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan mendengar secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu hambatan internal dan eksternal. Keempat, Hambatan internal meliputi minat dan motivasi sedangkan hambatan eksternal meliputi metode, media, kegiatan lanjutan, lingkungan masyarakat dan guru. Adapun solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini ada enam yaitu perlunya peningkatan dalam hal metode, media, kegatan lanjutan, motivasi, lingkungan masyarakat, dan guru. saran penelitian ini adalah hendaknya dikaji dengan metode penelitian lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 04:51 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 04:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8678 |
Actions (login required)
View Item |