Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Metode Audio-Lingual Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI Sekolah Menegah Atas Global Madani Tahun Pelajaran 2022/2023

Musthofa, Muhammad Zainal (2023) Analisis Metode Audio-Lingual Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI Sekolah Menegah Atas Global Madani Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS MUHAMMAD ZAINAL MUSTHOFA - 2171030015 - PBA.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Audio Lingual, koskata bahasa Arab, dan penerapan

Audio Lingual merupakan Pendekatan oral yaitu menggunakan latihan pola atau meniru dan mengingat. Metode Audio Lingual berorientasi pada hasil analisis struktur bahasa dan perbandingan antara bahasa ibu peserta didik dengan bahasa sasaran yang dipelajarinya.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kombinasi dan dengan menggunakan desain sequential explanatory dimana tahap pertama peneliti menggunakan kuantitatif dan tahap kedua kualitatif, kemudian juga peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan applied research atau penerapan metode. Hasil dalam pengujian uji validitas data, rehabilitas data, dan asumsi klasik maka dapat di katakana perkembangan siswa dalam menigkatkan pemahaman kosakata bahasa arab di SMA global madani sagat baik walaupun perlu evaluasi serta dampingan dari kepala sekolahserta kesulitan siswa dalam memahami bahasa arab terdapat pada adanya kreativitas guru dalam mengajarkan bahasa arab dengan senang dan tidak monoton dengan dibuktikan hasil uji rehabilitas pada angket pertama dan kedua sama hasilnya 0.848 > 0.70 atau dinyatakan Cronbach's Alpha 0.848 lebih besar dari pada nilai standar Cronbach's Alpha tersebut, dan pada uji asumsi klasik dinyatakan bahwa bahwa kuisnoer pertama Cronbach's Alpha 0.913 >0.70 dinyatakan valid dan pada kuisoner kedua adanya peningkatan dengan Cronbach's Alpha 0.995 >0.70 dinyatakan valid akan adanya dan pada pokok permasalahan pengalaman siswa pada bahasa arab dapat diketahui dari hasil wawancara siswa dan guru bidang studi bahwa 80 % siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan baik dan 20% perlu pendampingan dalam pembejaran bahasa arab dengan dibuktikan data yang sudah dinyatakan valid atau diterima oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 19 Nov 2023 04:52
Last Modified: 19 Nov 2023 04:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8681

Actions (login required)

View Item View Item