Asnani, Riyan (2018) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Efektifitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP N V Batanghari Nuban Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI RIYAN ASNANI NPM. 1399411.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kelasmerupakan tempat dimana seorang guru dan murid melakukan proses/kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu sebagai salah satu sarana belajar kelas hendaknya dikelola dan diatur dengan baik oleh guru sebagai menegeragar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal. Berdasarkan hasil prasurvei melalui observasi yang peneliti lakukan di SMP N V Batanghari NubanLampung Timur pada 17 Juli 2017 dapat dilihat bahwa proses pelaksanaan pembelajaran di SMP tersebut kurangefektif,hal ini dapat dilihat dari suasana ruang kelas yang kurang kondusif pada saat proses pembelajaran berlangsung,gaya belajar yang cenderung tidak menarik akan mempengaruhi perhatian siswa terhadap guru,Rendahnya motivasi guru terhadap semangat balajar siswa.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektifitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI, peneltian ini dilaksanakan di SMPN V Batanghari Nuban Lampung Timur pada bulan Mei 2018. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi dan cara pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN V Batanghari Nuban kelas VIII dengan jumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat asosiatif dengan menggunakan teknik analisis data korelasi product moment(rxy)dengan menguji terlebih dahulu validitas, reliabilitas dan normalitas data, barulah data tersebut dimasukan kedalam software SPSS 15.00. Penggunaan software SPSS15.00bertujuan untuk mempermudah peniliti dalam pengolahan data dan meminimalisir kesalahan dalam penghitungan.
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan metodologi penelitian diatas maka didapat rxy produk momen sebesar 0,739% maka Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang sigifikan antara pengelolaan kelas dan efektifitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Koefisien determinasi sebesar 54,6% menunjukan bahwa pengelolaan kelas memberikan kontribusi terhadap efektifitas pembelajaran pada mata pelajaran PAI sebesar 54,6%. Tanda positif, menunjukan bahwa korelasi yang terjadi antara pengelolaan kelas dan efektifitas pembelajaran adalah hubungan yang berbanding lurus artinya semakin besar tingkat pengelolaan kelas maka semakin tinggi tingkat efektifitas pembelajarannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan pengelolaan kelas dan efektifitas pembelajaran adalah sangat kuat, signifikan dan searah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 01:06 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 01:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/869 |
Actions (login required)
View Item |