Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA Di SDIT Al-Muhsin

Selawati, Ayunda (2023) Pengaruh Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA Di SDIT Al-Muhsin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AYUNDA SELAWATI_1901031017.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran IPA antara lain adalah pembelajaran IPA belum menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Pembelajaran masih bersifat teacher centered, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDIT Al-Muhsin. Jenis penelitian ini menggunakan Pretest Control Group Design dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapat perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol), sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini siswa kelas V A dan V B SDIT Al-Muhsin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji Mann Whitney, dan uji N-Gain menggunakan bantuan software SPSS.

Berdasarkan analisis data dengan perhitungan menggunakan SPSS versi 22 diperoleh hasil pada uji Mann Whitney diperoleh hasil bahwa Zhitung sebesar - 3,357 dengan nilai Sig. 0,001 nilai Signifikasi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ha diterima, artinya metode Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SDIT Al- Muhsin. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw terbilang efektif dalam meningkatkan hasil belajar, terbukti dengan uji N-Gain Score pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,82. Dimana pada angka 0,82 termasuk pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara pengaruh penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDIT Al-Muhsin Metro Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 19 Nov 2023 04:35
Last Modified: 19 Nov 2023 04:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8696

Actions (login required)

View Item View Item