Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung

Melindasari, Antika (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Antika Melindasari_1901030007.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran Matematika. Selama ini di kelas IV SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung menggunakan media gambar yang ada di buku paket pada saat proses pembelajaran. Namun dengan menggunakan metode tersebut masih banyak siswa yang cenderung pasif dan tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung. Maka diperlukan suatu inovasi penggunaan media pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran realia. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran realia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran realia terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung.

Jenis penelitin ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Quasy eksperimental Disgn. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung. Sampel dalam penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran realia, kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon, uji Mann whitney, dan uji N- Gain ternormalisasi.

Berdasarkan pengumpulan data dan analisis data dengan perhitungan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000  0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Realia dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di SD Roudlatul Qur’an 4 Jati Agung Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Media Realia, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 19 Nov 2023 04:36
Last Modified: 19 Nov 2023 04:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8697

Actions (login required)

View Item View Item