Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Nurul Iman

Safitri, Yesika Nindi (2023) Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Nurul Iman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Yesika Nindi.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Profesionalitas guru yang masih kurang optimal dalam proses pembelajaranya, karena guru mengajar tidak sesuai dengan standar yang ditentukan yaitu guru bukan lulusan SI IPS dan guru menjadi satu satu tenaga pendidik mata pelajaran IPS yang mengajar disekolah tersebut dan guru memiliki duble job, maka dari itu pembelajaran belum optimal hingga berdampak pada hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh profesionalitas guru terhadap hasil belajar siswa di MTs Nurul Iman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrument yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data profesionalitas guru dan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis dengan korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS Versi 22.

Dari hasil penelitian, berdasarkan hasil Uji Regresi Linear Sederhana melalui SPSS 22 bahwa nilai F hitung 11,141 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05. Dari hasil uji rxy yang diperoleh dengan besarnya r tabel yang tercantum dalam tabel nilai “r” Product Moment dengan memperhitungkan db (derajad bebas) terlebih dahulu yakni sebagai : db = N-2 = 27-2 = 25, Jadi pada taraf signifikan 5% sebesar 0,396 sedangkan pada taraf signifikan 1% 0,505 ternyata rxy yang diperoleh sebesar 0,555 adalah lebih besar dari pada r tabel (yang besarnya 5% 0,396 dan 1% 0,505) karena rxy atau r hitung lebih besar dari r tabel maka hipotesisi alternativ (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, ada pengaruh profesionalitas guru terhadap hasil belajar siswa. Maka membuktikan, adanya korelasi antara profesionalitas guru dengan hasil belajar siswa VIII MTs Nurul Iman. Dengan kata lain tingkat profesionalitas Guru IPS MTs Nurul Iman tidak satu satu satunya yang menjadi permasalahan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa melainkan ada faktor lain yang turut serta mempengaruhinya baik itu faktor lingkungan keluarga maupun status sosial
keluarga siswa.
Kata Kunci : Profesionalitas Guru, Hasil Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:18
Last Modified: 07 Dec 2023 01:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8711

Actions (login required)

View Item View Item