Wulandari, Ayu Aviyonika (2023) Analisis Manajemen Resiko Operasional Pada Pemasaran Haji Dan Umrah PT. Saudi Patria Wisata Metro Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AYU AVIYONIKA WULANDARI - 1903042001 - MHU.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Biro travel haji dan umrah dalam dunia bisnis sangat ketat persaingan dalam bidang pemasaran di biro travel haji dan umrah di metro, salah satunya PT Saudi Patria Wisata Metro Lampung. Berbagai jenis pemasaran yang dahulu memakai browsur dan sekarang dilakukan dari mulut ke mulut (word of mounth) ataupun melaui agent. Berbagai produk dari paket umrah dan haji yang disediakan PT Saudi Patria Wisata. Pendaftaran dalam waktu pelunasan haji semakin tahun mulai pesat pada saat covid 19 dan terjadinya kualitas kematangan manajemen disetiap operasional umrah dan haji dalam keputusan adanya dampak yang timbul dalam jangka pendek dan jangka panjang. Penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan terhadap manajemen resiko operasional pada pemasaran dan serta dijadikan bahan informasi pada pemilik PT Saudi Patria Wisata Metro Lampung dalam melaksanakan operasional dengan lebih baik lagi.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi. Wawancara dilakukan sebanyak enam orang yang telah dilakukan terhadap branch manajer officer, staff administrasi, operation officer staff, 3 orang selaku agent maupun jemaah dan kemudian semua data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif yang menggunakan cara berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukan analisis manajemen resiko operasional pada pemasaran haji dan umrah PT. Saudi Patria Wisata Metro Lampung adalah berasal dari Jemaah yang berangkat haji dan umrah dengan berhubungan baik tersebut dapat bekerjasama untuk menjadi agent, dan bekerjasama dengan mitra dalam biaya menutupi resiko operasional yaitu secara kondisional. Adapun biaya dengan menyiapkan sedikit anggaran dari paket umrah dan haji yang dikeluarkan 10% untuk biaya pemasaran untuk agent dan asuransi yang bekerjasama dengan CIU, ZURICH yaitu pihak asuransi bila terjadi adanya resiko tersebut.
Kata kunci: Manajemen Resiko, Operasional, Pemasaran Haji dan Umrah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:31 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8718 |
Actions (login required)
View Item |