Saputri, Wahyu Wilia (2023) Upaya Guru IPSdDalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Umpu Semenguk. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Wahyu Wilia Saputri.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan adalah suatu upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, ada dua faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan apa saja faktor- faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar peserta didik kelas VIISMP Negeri 1 Umpu Semenguk. 2) Mengetahui upaya guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Umpu Semenguk.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari banyak data yang terkumpul dari lapangan seperti wawancara dan dokumentasi, penulis mengelompokkan dan mengorganisasikan sehingga menjawab pertanyaan peneliti. Dalam penelitian ini, penulis melakukan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah (a) faktor internal yaitu faktor dari diri peserta didik dimana peserta didik beranggapan pembelajaran IPS membosankan sehingga peserta didik malas untuk belajar IPS. (b) faktor eksternal yaitu faktor dari orang tua atau keluarga, orang tua yang kurang memperhatikan Pendidikan anak-anaknya menjadi penyebab kesulitan belajar. 2) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengelolaan kelas agar peserta didik nyaman dalam proses pembelajaran, menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik, penilaian prestasi belajar peserta didik, memberikan program remedial dan pengayaan dan mengklasifikasikan peserta didik.
Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:31 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8720 |
Actions (login required)
View Item |