Syaroh, Veni Mai (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Veni Mai Syaroh.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh minimnya bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran dan dibutuhkan bahan ajar yang cenderung sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sebagian besar kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang mampu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan Pendekatan Kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan kevalidan, dan kepraktisan pada materi bangun datar (segiempat & segitiga).
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Penelitian pengembangan ini dirancang dengan model pengembangan 4D yaitu Define (definisi), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Batanghari dengan subjek penelitian 10 peserta didik kelas VII.3 . Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli untuk aspek kevalidan, angket respon peserta didik untuk aspek kepraktisan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria sangat valid. Validasi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata keseluruhan yaitu 3,675 dan ahli media mendapatkan rata-rata 3,275. Aspek kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik memenuhi kriteria praktis, hal ini berdasarkan rata-rata keseluruhan yang diperoleh 2,95. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan Pendekatan Kontekstual dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Kontekstual, LKPD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:31 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8721 |
Actions (login required)
View Item |