Rahayu, Tika (2023) Hubungan Penguasaan Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TIKA RAHAYU - 1801011135.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Pemahaman ilmu tajwid merupakan salah satu syarat yang digunakan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Membaca Al-Qur’an bukan hanya melafalkan mahraj ataupun membaca sesuai dengan tulisannya (lafadz), tetapi ada hukum-hukum tertentu wajib kita ketahui. Dalam hal ini yang dimaksud yaitu ilmu tajwid. Penguasaan ilmu tajwid memberikan penguasaan penting untuk mengetahui bacaan yang terdapat dalam Al-Qur’an, karena satu-satunya ilmu untuk belajar membaca Al-Qur’an adalah ilmu tajwid. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, apabila penguasaan ilmu tajwidnya baik, maka kemampuan membaca Al-Qur’an juga akan baik, namun apabila penguasaan tajwidnya kurang kemampuan membaca Al-Qur’an juga akan kurang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (x²). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan penguasaan ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa Madrasah Tsanawiyah Riyadlatul Ulum”.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa keals VII yang berjumlah 173 siswa, yang terdiri dari 6 kelas dan sampel nya berjumlah 42 siswa. Selanjutnya, hasil perhitungan penelitian ini menunjukkan bahwa harga chi kuadrat (x²) hitung sebesar 10, 656, sedangkan chi kuadrat(x²) tabel dengan taraf signifikan 5% = 9, 488. Berdasarkan hasil tersebut maka chi kuadrat(x²) hitung lebih besar daripada chi kuadrat(x²) tabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan tingkat pengaruh sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penguasaan ilmu tajwid terhadap hasil koefisien kontingensi, dimana hasil perhitungan yang didapat yaitu harga C = 0, 449 dibandingkan dengan Cmaks = 0, 8164. Sehingga diketahui bahwa pengaruh variabel X (penguasaaan ilmu tajwid) terhadap variabel Y (kemampuan membaca Al-Qur‘an) tergolong cukup.
Kata Kunci: penguasaan ilmu tajwid, Kemampuan Membaca Al-Qur’an,
Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 14:00 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 14:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8728 |
Actions (login required)
View Item |