Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( Stad ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD N Sumber Agung

Yoseva, Tanti (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( Stad ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD N Sumber Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TANTI YOSEVA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) ialah sebuah model pembelajaran berjenis kooperatif yang pertama kali dikembangkan oleh Stavin dan rekan- rekannya yang berasal dari Universitas John Hopkins. Model ini adalah model pembelajaran dalam pendidikan yang menekankan pembelajaran secara berkelompok dengan menggabungkan peserta didik dari mulai yang berkemampuan baik, sedang dan rendah untuk belajar bersama dalam sebuah kelompok.

Dari hasil wawancara dengan guru beliau menyatakan bahwasannya dalam proses belajar mengajar , guru telah menerapkan model pembelajaran jenis STAD , model pembelajaran ini dilakukan untuk membantu peserta didik agar lebih fokus dan juga lebih mudah dalam memahami pembelajaran, namun faktanya dalam pelaksanaan masih ada beberapa peserta didik yang terlihat kurang fokus , asik bermain dengan teman sekelompok, dan sebagainya sehingga hal ini menjadi sebuah kendala akan optimalnya proses pembelajaran dan memberikan efek hasil belajar yang kurang maksimal.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Sumber Agung. Hal ini terlihat dari hasil yang menunjukkan Pengujian korelasi menghasilkan nilai sebesar 0.679. angka tersebut menunjukan kuatnya korelasi antara variabel Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa dikarenakan nilai Sig. (2 tailed) 0,00 > 0.05 sedangkan tanda”*” menunjukan bahwa semakin tinggi hasil belajar siswa maka Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD tidak ada begitupun sebaliknya. Besarnya pengaruh juga dapat dilihat pada uji koefisien determinasi (R2) atau R squared dihasilkan nilai sebesar 0,473 atau sama dengan 47,3%. Angka tersebut mengandung arti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 47,3%. Sedangkan sisanya (100% - 47,3% = 52,7%) dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 22 Nov 2023 13:56
Last Modified: 22 Nov 2023 13:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item