Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perbandingan Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Komparatif Kedai Pempek Seminung dan Kedai Pempek Yasmin)

Romadhoni, Rizqi (2023) Perbandingan Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Minat Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Komparatif Kedai Pempek Seminung dan Kedai Pempek Yasmin). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RIZQI ROMADHONI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Persaingan didunia bisnis tentulah wajar, untuk itu salah satu upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan produk yang berkualitas, memberikan pelayanan dan menentukan harga produk yang baik. hal ini bertujuan untuk memberikan kepuasan konsumen agar dapat menarik kembali pembeli dan mengimbangi persaingan bisnis yang ketat. Islam telah mengajarkan kepada umatnya bahwa setiap tindakan binis yang dilakukan telah ada etika bisnis islam yang mengaturnya. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan ditinjau dari etika bisnis islam di Kedai Pempek Seminung dan Kedai Pempek Yasmin.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan, bersifat kualitatif secara komparatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kedua pemilik usaha, konsumen, dan karyawan Kedai Pempek Seminung dan Kedai Pempek yasmin.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa harga yang yang ditetapkan di Kedai Pempek Seminung dan Pempek Yasmin sudah terjangkau dan sesuai, sementara Dalam kualitas produk, kedua pemilik usaha sama-sama mengunakan bahan-bahan yang berkualitas dan halal untuk membuat produknya, namun di Kedai Pempek Yasmin mengalami komplain terkait produknya, sedangkan dalam kualitas pelayanan Kedai Pempek Seminung dan Kedai Pempek Yasmin sudah memperlakukan konsumennya dengan baik tetapi kedua tempat usaha masih terdapat kelalainya terkait dengan pelayanan.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Etika Bisnis Islam,
Kualitatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:14
Last Modified: 07 Dec 2023 01:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item