Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Di TK PKK Budi Asih Metro Selatan

Elsanti, Iwa (2023) Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Di TK PKK Budi Asih Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Iwa Elsanti - 1901040009 - PIAUD.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Anak usia dini merupakan seorang individu yang memiliki karakteristik yang khas, anak-anak selalu aktif, antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dengan begitu mereka disebut dengan Golden Age (0-6 tahun). Dengan demikian yang telah dilakukan peneliti memiliki fokus penelitian pada kegiatan pencampuran warna untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak-anak kelompok B di TK PKK Budi Asih Metro Selatan. Karena seperti yang diketahui bahwasanya hubungan antara kemampuan kognitif dengan kegiatan pencampuran warna ini sangat berkaitan. Pada kegiatan pencampuran warna ini dapat mengenalkan kepada anak tentang hubungan sebab dan akibat mengenai perubahan warna pada kegiatan tersebut, mengajarkan tentang uji coba sessuai dengan imajinasinya sehingga sesuatu yang sedang anak amati dapat berubah warna, serta mengajarkan kepada anak tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan disetiap siklusnya. Jadi, total keseluruhan menjadi 6 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian perkembangan kognitif anak kelompok B pada siklus 1 menunjukkan perkembangan yang diperoleh ialah 50% dalam kriteria Belum Berkembang (BB),30% dalam kriteria Mulai Berkembang (MB), 12% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 8% kriteria anak dalam Berkembang Sangat Baik (BSB). Pada siklus II keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan sudah mencapai 0% dalam kriteria Belum Berkembang (BB),60% dalam kriteria Mulai Berkembang (MB), 20% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 20% kriteria anak dalam Berkembang Sangat Baik (BSB). Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemampuan kognitif anak kelompok B melalui kegiatan pencampuran warna meningkat.

Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kognitif, Pencampuran Warna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:15
Last Modified: 07 Dec 2023 01:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item