Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Konsep Pendidikan Islam Perspektif Hasan Langgulung

Rusia, . (2018) Konsep Pendidikan Islam Perspektif Hasan Langgulung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Rusia NPM. 1284481.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu tokoh pendidikan Islam yang memberikan kontribusi besar terhadap Pendidikan Islam. Konsep pemikiran pendidikan yang dikemukakan oleh Hasan Langgulung memandang bahwa pendidikan ialah suatu proses spritual, akhlak, intelektual, dan sosial yang berusaha membimbing manusia dan memberinya nilai-nilai, prinsip, dan keteladanan yang ideal dalam kehidupan bertujuan mempersiapkan kehidupan dunia dan akhirat. Peneliti berdasarkan penomena bahwa pendidikan Islam sekarang telah kehilangan hakikat dan identitas terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum bisa mencerminkan nilai Islam terhadap prilaku moral anak bangsa. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan Islam melalukan pembenahan kembali. Sehingga peneliti mengangkat konsep pemikiran HasanLanggulung, yang merupakan seorang pakar dan ilmuan yang tidak diragukan lagi kemampuanya dalam bidang pendidikan, hal ini terbukti dengan banyaknya karya-karya yang beliau yang hasilkan. Dari gagasan tersebut yang akan dikaji ialah mengenai konsep pemikiran Hasan Lunggulung terhadap pendidikan Islam yaitu (1) tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung, (2) kurikulum pendidikan Islam, (3) Motode Pendidikan Islam dan (4) Asas-asas Pendidikan.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library riseach). Penekanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan kajian-kajian sebagai dasar atau bahan utama yang ditekankan dari sumber primer yang berasal dari perpustakaan dan berdasarkan pendapat tokoh.

Hasil peneliti ini adalah (1) Tujuan Pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung ialah membentuk kepribadian muslim, yaitu pribadi seluruh aspek, baik tingkah laku, kegiatan-kegiatan jiwanya, filsafat hidup dan kepercayaan menunjukan pengabdian terhadap Allah SWT. Ia membagi 3 tahap tujuan pendidikan yaitu tujuan akhir, tujuan umum dan tujuan khusus. (2) kurikulum pendidikan haruslah sesuai dengan standar nasional, budaya dan agama Islam. (3) metode pendidikan tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan Islam, tidak memaksakan suatu hal yang bertentangan dengan fitrahnya dan metode ganjaran dan hukuman.(4) Agar tujuan, isi kurikulum dan metode dapat berjalan dengan baik perlu adanya asas pendidikan yang menjadi dasar acuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:25
Last Modified: 15 Jan 2020 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item