Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Pythagoras

Wahyuni, Sri (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Pythagoras. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SRI WAHYUNI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pythagoras masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e- modul berbasis pendekatan matematika realistik berdasarkan kevalidan dan kemenarikan pada materi pythagoras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Lokasi penelitian ini di MTs Al Hidayah TerbanggiBesar. Subyek dalam penelitian ini adalah 37 peserta didik kelas VIII di MTs Al Hidayah Terbanggi Besar. Materi yang dikembangkan adalah materi pythagoras. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli untuk aspek kevalidan dan lembar angket respon peserta didik untuk aspek kemenarikan. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria “Sangat Valid” dengan nilai rata-rata ahli materi sebesar 3,5 dan ahli media sebesar 3,48. Kemudian respon peserta didik sangat antusias terhadap E-modul matematika pada saat uji coba kelompok terbatas sehingga memperoleh kriteria “Sangat Menarik” dengan nilai rata-rata presentasenya sebesar 92,36%. Maka dapat disimpulkan bahwa E-modul matematika berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pythagoras yang dikembangkan sudah layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : E-modul Matematika, Pendekatan Matematika Realistik,
Pythagoras

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:09
Last Modified: 18 Dec 2023 02:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item