Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di Desa Karya Tani Labuhan Maringgai

Aziz, Slamet Diki Abdul (2023) Peran Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di Desa Karya Tani Labuhan Maringgai. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SLAMET DIKI ABDUL AZIZ NPM. 1901011158.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Hidayah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di Desa Karya Tani Labuhan Maringgai. TPQ Al-Hidayah memberikan pendidikan agama kepada anak-anak usia dini, mengajarkan baca- tulis Al-Qur'an, ibadah, akhlak mulia, dan gerakan wudhu serta shalat. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode iqra'. Dalam penelitian ini, diharapkan akan ditemukan inovasi-inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ serta memberikan manfaat bagi TPQ lainnya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan yang dilakukan oleh penulis. Metode penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan penjelasan deskriptif melalui observasi dan interaksi langsung dengan pihak terkait dalam suatu permasalahan yang sedang terjadi. Penelitian dilakukan di lokasi yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengamati kejadian objektif dan menghasilkan karya ilmiah. Penelitian lapangan ini melibatkan partisipasi peneliti dalam skala penelitian sosial kecil dan pengamatan terhadap kondisi budaya setempat. Peneliti berinteraksi dengan guru dan santri untuk memahami pemberian arahan dan bimbingan yang diberikan kepada santri.

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa peran guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dapat dilakukan melalui beberapa cara. Pertama, guru TPQ membiasakan siswa untuk melakukan shalat berjamaah dan meluruskan shaf saat shalat, sehingga siswa menganggap shalat bukan hanya kewajiban, tetapi juga kebutuhan. Kedua, guru memberikan teladan dengan selalu melaksanakan shalat berjamaah di TPQ. Ketiga, guru menegakkan disiplin dengan memantau siswa agar tepat waktu dalam melaksanakan shalat. Keempat, guru menciptakan suasana yang berpengaruh positif bagi pertumbuhan santri. Namun, pengaruh terbesar tetap ada di lingkungan rumah, sehingga peran orang tua sangat penting. Terakhir, guru memberikan hukuman kepada santri yang tidak melaksanakan shalat berjamaah, seperti membersihkan area TPQ dan melaksanakan shalat sendirian.
Kata kunci: Peran Guru; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; TPQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:10
Last Modified: 18 Dec 2023 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item