Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Avera, Shinta (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Shinta Avera.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik. Kesulitan yang dialami antara lain, memahami materi pada buku paket, peserta didik kesulitan ketika membuat model matematika dari suatu masalah, pemahaman peserta didik mengenai materi SPLTV masih rendah, pendidik belum menggunakan media ajar berupa LKPD dengan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dengan pendekatan kontekstual berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi produk, Perbaikan produk, Uji coba produk, Revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 2 SMKN 1 Tulang Bawang Tengah sebanyak 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket kepraktisan guru, serta instrumen tes.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata- rata dari validator ahli materi yaitu 3,57 dan skor rata-rata dari validator ahli media yaitu 3,73 dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil validasi soal memperoleh skor rata-rata yaitu 3,75 dengan kriteria “sangat valid”. Hasil angket kepraktisan diperoleh skor rata-rata 3,8 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil tes pada aspek keefektifan memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,1% dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid , praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Etnomatematika, LKPD, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:07
Last Modified: 15 Feb 2024 02:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item