Fauziah, Arum (2018) Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Siswa MTs Matholi’ul Falah Desa Candra Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
ARUM FAUZIAH.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Guru sebagaipembimbing, pendidik dan pengarah mempunyai citra yang baik dimasyarakat apabila dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Akan tetapi kadang kala gurukurang memberikan bimbingan terhadap siswanya, sehinggasiswa sering mengalami kesulitan dalam belajar yang kelak akan mempengaruhi hasil belajar siswanya.Sedangkan bimbingan yang diperankan oleh guru sebagai seorang pembimbing bagi peserta didik ada yang sudah maksimal juga ada yang belum sepenuhnya maksimal dalam membimbing peserta didik.Seperti guru masuk kelas hanya memberikan tugas saja kepada peserta didik lalu guru keluar ngobrol dengan guru yang lain, sehingga mengakibatkan kurang efektifdalam belajar yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun.Dari masalah-masalah tersebutpenulis tertarik untuk meneliti seberapa besar pengaruh bimbingan guru terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII, MTs Matholi’ul Falah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih. Tujuannya untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih, Sedangkan Populasi yang penulisambiladalahpesertadidikkelasVIII MTs Matholi’ul Falahsebanyak30 siswa dan 30 siswa tersebut dijadikan sampel, kemudian teknik pengumpulan data yang penulis guna kandala mpenelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket tak langsung observasi dan dokumentasi.
Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan Chi kuadrat mendapatkan hasil sebesar 14.96 yangkemudian untuk mengetahui hipotesis dari penelitian ini ditolak atau diterima peneliti menggunakan tabel r dengan demikian harga Chi kuadrat hitung harus disubtitusikan ke dalam koefisien kontingensi dengan lambang C atau KK sehingga memperoleh harga KK sebesar 0,576dan kemudian di interpretasikan ke dalam Phi (∅) mendapat nilai sebesar 0,705, sehingga nilai dari ∅ini dapat dibandingkan dengan tabel r untuk mengetahui besar atau kecilnya nilai ini dari pada rtabelyang besarnya (taraf signifikan 1% = 0,478dan pada taraf signifikan 5% = 0,374) sehingga diperoleh rtabel(5%)<∅> rtabel (1%) yaitu 0,374 < 0,705> 0,478.Berdasarkanpengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang cukup erat antaraBimbingan Guru Terhadap Hasil BelajarMata Pelajaran Fiqih Kelas VIII SiswaMtsMatholi’ul FalahDesa Candra Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 02:10 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 02:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
View Item |