Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan Di Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Metro

Wati, Fera Oktalia (2023) Efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan Di Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Fera Oktalia Wati - 1902020010 - HESY.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Kewajiban produsen salah satunya adalah untuk memberikan informasi kandungan bahan baku yang harus tercantum pada label pangan dan label produk, sebagaimana tertera dalam Pasal 10 PP.69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan. Pada pasal 1 Ayat 3 dijelaskan bahwa label makanan merupakan sumber informasi makanan bagi konsumen karena konsumen tidak memiliki kontak langsung dengan produk, dengan kata lain informasi lengkap pada label dan iklan pangan merupakan hak konsumen yang harus diperhatikan oleh produsen. Namun bila kita lihat fenomena yang terjadi dimasyarakat masih banyak produk-produk makanan beredar tanpa menggunakan aturan pelabelan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi PP.69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan serta faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaku Usaha UMKM di Kota Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sifat deskriptif ini dimaksud untuk memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan yang sesuai, terhadap objek yang diteliti. Dalam hal ini untuk dapat menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan fenomena yang ada di masyarakat mengenai penggunaan label dan iklan pangan serta faktor yang mempengaruhinya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa masih banyak produsen yang tidak mengacuhkan aturan tentang label dan iklan pangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, bila mengacu pada teori Lawrence M. Friedman, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas suatu hukum, yakni : 1) Struktur hukum yakni Dinas Koperasi dan UMKM di Kota Metro dan Pemerintah. 2) Substansi hukum yakni penegasan peraturan yang dikeluarkan MUI mengenai sertifikasi lebal halal, dan 3) Budaya Hukum yakni Penghindaran hukum yang dilakukan produsen.

Kata Kunci: Label dan Iklan Pangan, Faktor Efektivitas Hukum, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:07
Last Modified: 18 Dec 2023 02:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item View Item