Fauzi, Najib (2023) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe TQ (Team Quiz) Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Najib Fauzi - 1901011116 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Permasalahan dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang intinya tidak terlepas dari peranan aktif seorang pendidik dalam proses pembelajaran serta penggunaan model pembelajaran yang harus disesuaikan dengan materi yang akan di ajarkan dan di sampaikannya. Hal ini agar ketika materi yang akan di ajarkan mudah untuk dipahami para peserta didik dan tujuan pembelajarannya dapat tercapai. Pada kenyataannya tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai karena kesulitannya para peserta didik dalam memahami penjelasan dari guru.
Hal ini telah dijumpai pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro. Rendahnya motivasi pada peserta didik hal ini dikarenakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) masih berjalan monoton. Salah satu cara untuk dapat mengatasi permasalahan ini ialah penggunaan model strategi pembelajaran aktif tipe TQ (Team Quiz) dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe TQ (Team Quiz) Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Metro. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe TQ (Team Quiz) yang digunakan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Muhammadiyah Metro.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data-data dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi dengan sampel 33 peserta didik dari jumlah keseluruhan populasi yaitu 215 subjek dari kelas V, adapun cara pengolahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan product moment.
Berdasarkan table interpretasi “r” product moment menyatakan bahwa nilai atau nilai yang sebesar 0,525 lebih besar dari pada untuk taraf signifikansi 1% adalah 0,456 dan untuk taraf signifikan 5% adalah 0,355 maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe TQ (Team Quiz) dengan Motivasi belajar.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran Aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 02:02 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 02:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8799 |
Actions (login required)
View Item |