Wulandari, Riska Ayu (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok Bermain Ummul Quro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RISKA AYU WULANDARI - 1601030046 - PIAUD.pdf - Other Download (667kB) |
Abstract
Perkembangan anak usia dini merupakan proses kemajuan yang dialami setiap anak dan terus menuju kearah lebih kompleks, baik dari segi fisik maupun sosial emosional. Perkembangan sosial emosional merupakan sebuah kritis dalam proses perkembangan anak yang terbentuk melalui perkembangan yang didapat dalam suatu proses belajar baik dari lingkungan keluarga, lingkungan masayrakat, maupun lingkungan sekolah. Berkembang atau tidaknya sosial emosional anak dapat dilihat dari bagaimana kemampuan anak dalam mengendalikan dirinya atas orang lain maupun dirinya sendiri. Perkembangan sosial emosional merupakan sebuah modal untuk hidup dimasyarakat. Dalam mengembangkan sosial emosional anak, guru memiliki peran yang sangat penting mengembangkan sosial emosional anak di sekolah. Oleh karna itu seorang guru perlu dengan cermat dan tanggap dalam memberikan peran dalam meningkatkan sosial emosional anak dengan maksimal dan dengan berbagai metode maupun media pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan sosial emosional anak di Kelompok Bermain Ummul Quro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang dilakukan di Kelompok Bermain Ummul Quro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sember data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan sosial emosional anak di Kelompok Bermain Ummul Quro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah guru berperan sebagai edukator, supervisor, meneger, inovator, komunikator dan motivator guna mengembangkan sosial emosional anak agar dapat berkembang maksimal.
Kata Kunci: Peran Guru, Perkembangan Sosial Emosional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 02:04 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 02:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8802 |
Actions (login required)
View Item |