Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum Metro

Arditiana, Sabria Gilang (2023) Implementasi Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Sabria Gilang Arditiana - 1801011123 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah tentang Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Mamba‟ul Ulum Metro. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Metro.

Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Deksriptif, yaitu penelitian yang bertujuan mendeksripsikan hasil penelitian yang ditemukan olehpenulis di lapangan, dengan menggunakan pendekatan manajemen. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui penelitian lapangan dengan wawancara kepada guru Fikih serta siswa dan data sekunder melalui profil Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Metro. yang meliputi foto kegiatan sekolah, analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode demonstrasi digunakan untuk memperagakan atau menunjukkan suatu prosedur yang harus dilakukanpeserta didik yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata saja. Sehingga metode demonstrasi diartikan sebagai cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada peserta didik. 2) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama menekankan pada pengertian interaksi yaitu hubungan aktif dua arah antara guru dan siswa. Hubungan aktif antara guru dan siswa harus diikuti oleh tujuan pembelajaran fikih.

Tujuan pembelajaran Fikih adalah untuk meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan penghayatan, pengamalan serta pengalaman siswa tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaanya berbangsa danbernegara. Usaha guru dalam membantu peserta didik untuk mencapai tujuanadalah guru harus memilih bahan ajar atau meteri pendidikan agama yang sesuaidengan tujuan yang akan dicapai.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:56
Last Modified: 18 Dec 2023 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item