Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V MI Islamiyah Sumberrejo

Sari, Rikzki Rafika (2023) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V MI Islamiyah Sumberrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Rizki Rafika Sari_1901031056.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Islamiyah Sumberrejo. Rendahnya hasil belajar ditandai dengan ketuntasan siswa yang belum mencapi KKM. Selain itu, pada penyampaian pembelajaran belum menggunakan metode active learning seperti role playing, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode role playing pada siswa kelas V MI Islamiyah Sumberrejo.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Islamiyah Sumberrejo pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Teknik prosedur penelitian berbentuk siklus, setap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V MI Islamiyah Sumberrejo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 81%, mengalami peningkatan sebesar 22%. Peningkatan aktivitas juga berpengaruh pada hasil belajar siswa khususnya dalam ranah kognitif, hal ini dapat dilihat pada Pada siklus I, Presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai presentase sebesar 47% dan siklus II berhasil mencapai presentase sebesar 80%. Terjadilah peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus II presentase sebesar 33%. Dari analisis data tersebut dapat dipahami bahwa metode pembelajaran bermain peran (role playing) yang diterapkan pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Islamiyah Sumberrejo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, metode pembelajaran role playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:39
Last Modified: 20 Dec 2023 02:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item