Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Deskriptif Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTsN 01 Mesuji Filial

Stasya, Anna (2022) Analisis Deskriptif Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTsN 01 Mesuji Filial. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANNA STASYA - 1801080003 - T. IPS.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis deskriptif hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTsN 01 Mesuji Filial. Penilaian hasil belajar siswa merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk mengetahui ketercapaian indikator dan tujuan pembelajaran, terutama penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Permasalahan pada semester 1 lalu tahun ajaran 2021/2022 belum maksimal, hal ini dilihat dari masih dominan siswa yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan gurunya di akhir semester, diketahui bahwa tugas tersebut wajib dikumpulkan siswa di akhir semester sebagai nilai akhir pembelajaran dan juga Permasalahan dalam proses pembelajaran siswa hanya mengetahui dan memahami saja, namun siswa kurang dapat menguraikan masalah secara rinci sehingga jelas strukturnya.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun rekayasa manusia, yang lebih memperhatikan mengenai karakteristik, kualitas, keterkaitan antar kegiatan.

Berdasarkan data hasil penelitian dari hasil belajar siswa kelas VIII mempunyai hasil belajar yaitu (1) Aspek Kognitif pencapaian hasil belajar siswa kelas VIII F mendapat nilai rata-rata 84 masuk dalam kategori hasil belajar (Baik), sedangkan pada kelas VIII G mendapat nilai rata-rata 79 atau masuk kategori hasil belajar (Cukup), (2) Aspek Afektif peserta didik kelas VIII F mendapat nilai rata rata 90 masuk dalam kategori hasil belajar (Sangat Baik), sedangkan kelas VIII G mendapat nilai rata-rata hasil belajar84 atau masuk dalam kategori hasil belajar (Baik), (3) Aspek Psikomotor peserta didik kelas VIII F mendapatkan nilai rata rata hasil belajar 86 masuk dalam kategori hasil belajar (Baik), sedangkan kelas VIII G Mendapatkan nilai rata-rata hasil belajar 78 (Cukup). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aspek afektif kelas VIII F pada hasil belajar mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kognitif dan juga psikomotor, hal ini membuktikan bahwa peserta didik kelas VIII sudah memiliki sikap yang baik namun dalam hal pengetahuan dan juga keterampilan perlu di tingkatkan kembali.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Siswa, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:58
Last Modified: 18 Dec 2023 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item View Item