Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Supervisi Kepala ‎Halokes Natakgninep‎ Padahret‎Profesionalitas Guru PAI di SDN 1 Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Afan, Ahsani Amala (2018) Implementasi Supervisi Kepala ‎Halokes Natakgninep‎ Padahret‎Profesionalitas Guru PAI di SDN 1 Hargomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AHSANI AMALA AFAN .pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru PAI dituntut memiliki profesionalitas yang mampu ‎merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat ‎umum dalam membina anak didik pada mata pelajaran agama Islam. Oleh karena itu diperlukan supervisi dari Kepala Sekolahyang secara fungsional ‎ditunjuk sebagai supervisor, danbertugas memberi arahan dan membantu ‎guru PAI mengatasi problematika pengelolaan pembelajaran.Bentuk supervisi dapat dilakukan dalam kegiatan disukusi kelompok, kunjungan ‎kelas, pembicaraan ‎individual, dan simulasi ‎mengajar. ‎

Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitianyaitu:Bagaimana implementasi supervisi Kepala ‎Sekolah terhadap peningkatan profesionalitas guru PAI ‎di SDN 1 ‎Hargomulyo Kecamatan Sekampung ‎Kabupaten Lampung Timur? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi supervisi Kepala ‎Sekolah terhadap peningkatan profesionalitas guru PAI ‎di SDN 1 ‎Hargomulyo Kecamatan Sekampung ‎Kabupaten Lampung Timur. Desain penelitian menggunakan penelitian ‎kualitatif ‎lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan wawancara, ‎dokumentasi, observasi, ‎analisis lisis data menggunakan teknil analisis data ‎kualitatif yang terdiri data reduction, data displaydan conclusion/verivication. ‎

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ‎implementasi supervisi Kepala ‎Sekolah terhadap peningkatan profesionalitas guru PAI ‎di SDN 1 ‎Hargomulyo Kecamatan Sekampung ‎Kabupaten Lampung TimurTimur dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan supervisi, seperti diskusi kelompok, kunjungan ‎kelas, pembicaraan individual, dan simulasi mengajar. Pelakasaan diksusi kelompok disesuaikan dengan agenda sekolah, seperti triwulan, ujian tengah semester, dan ‎ujian semester. Kunjungan kelas oleh Kepala Sekolah memberi dampak positif terhadap munculnya tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugasnya, karena merasa diawasi oleh pimpinan. Dari hasil kunjungan kelas, Kepala Sekolah memperoleh informasi tentang keterampilan mengajar guru. Pembicaraan individual antara Kepala Sekolah dengan guru PAI tidak bersifat korektif terhadap kinerja guru, tetapi lebih kepada penguatan program pembelajaran yang dilakukan. Pelaksanaan simulasi oleh Kepala Sekolah sejauh ini belum dilakukan. Namun demikian berbagai kegiatan yang sejalan dengan simulasi mengajar diperoleh guru dari hasil pertemuan MGMP, work shopdan pelatihan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:02
Last Modified: 15 Jan 2020 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item