Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Kualitas Pelayanan Pick Up Service Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Aman Syari’ah Sekampung Lampung Timur)

Prasetyo, Aryo Dwicky (2022) Peningkatan Kualitas Pelayanan Pick Up Service Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Aman Syari’ah Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Aryo Dwicky Prasetyo - 1804103005 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan berupa penurunan nasabah di bank aman syariah sekampung pada masa pandemi. Dimana pada awal masa pandemi nasabah terus menurun kemudian bank aman syariah sekampung mulai menerapkan sistem baru yakni pick up service. Adanya sistem tersebut diharapkan dapat memulihkan kembali nasabah juga mempertahankan nasabah untuk tetap loyal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil dari peningkatan kualitas pelayanan pick up service dalam mempertahnan loyalitas nasabah pada Bank Aman Syariah Sekampung dan apa saja kendala dalam menerapkan system tersebut.

Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif deskriftif, sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik wawancara peneliti mengambil teknik semi terstuktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan sifat induktif dan reduksi data.

Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kualitas pelayanan pick up service dalam mempertahankan loyalitas nasabah (studi kasus bank aman syari’ah sekampung lampung timur) dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2019 tercatat 5.892 nasabah, pada tahun 2020 awal terjadi wabah penyakit Covid-19 dimana nasabah mengalai penurunan menjadi 3.626, kemudian bank aman syariah mulai menerapkan sistem pelayanan pick up service layanan tersebut diterapkan dengan baik sehingga jumlah nasabah meningkatkan menjadi 4.082 pada tahun 2021. Suksesnya sistem pick up service yang diberikan kepada nasabah sangat berperan penting bagi keberhasilan yang dicapai semasa pandemi terbukti sistem tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah agar lebih mudah untuk melakukan pendanaan maupun pembiayaan.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah, Pick Up Service, Bank Aman Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:58
Last Modified: 18 Dec 2023 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item