Pratiwi, Luffi (2022) Perbandingan Hasil Belajar Blended Learning IPS Di SMP Islam YPI 3 Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI LUFFI PRATIWI - 1701080013 - T. IPS.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pada masa pandemi covid 19 pembelajaran blended learning merupakan suatu solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Namun pada kenyataan di lapangan dalam pembelajaran blended learning tidak berjalan secara lancar terdapat masalah yang terjadi seperti pada tahap persiapan, pelaksanaan,dan tahap evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar IPS di SMP Islam YPI 3 Way Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMP Islam YPI 3 Way Jepara, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini Nilai UAS Ganjil T.A 2020/2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Claster Random Sampling.
Pembelajaran blended learning merupakan pembelajaran yang mencampurkan teknologi pembelajaran berbasis online dan ppembelajaran tatap muka untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Permasalahan guru dalam mengefektifkan pembelajaran Blended Learning telah jelas jika pelaksanaan pembelajaran ini belum berjalan dengan efisien. Sehingga pemakaian strategi, tata cara serta model pembelajaran lebih dimaksimalkan lagi agar pembelajaran online lebih efisien.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:56 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8816 |
Actions (login required)
View Item |