Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Evaluasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Context, Input, Prosess And Product (CIPP) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Metro

Mahmudah, Nur (2022) Evaluasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Context, Input, Prosess And Product (CIPP) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NUR MAHMUDAH -1801051043 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam sebuah praktik pembelajaran pasti akan selalu hadir sehingga penting untuk mengadakan evaluasi program pembelajaran untuk mengetahui sampai sejauh mana ketercapaian program pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis program pembelajaran tematik di SD Negeri 08 Metro, pada kelas IV dan mengambil salah satu tema pembahasan “peduli terhadap makhluk hidup”. Peneliti menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), informan pada penelitian ini; Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, Operator Sekolah, dan Lima Siswa Kelas IV yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif teknik pengumpulan data; angket, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ditinjau dari empat komponen dalam model CIPP sebagai berikut; komponen context aspek yang dievaluasi lingkungan sekolah sudah baik tetapi karena keterbatasan lahan ada beberapa ruangan berada dalam satu atap. Guru sudah memahami tujuan pembelajaran tematik dengan membangkitkan semangat belajar dan membuat siswa aktif, dan kebutuhan pembelajara tematik sudah tersedia yang berupa buku pegangan siswa, LKS (Lembar Kerja Siswa), media pembelajaran, dan sumber belajar. Komponen input aspek yang dievaluasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kelengkapan Sarana dan Prasarana di SDN 08 Metro yang sudah sesuai dengan Permendikbud, selain itu guru juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Komponen process aspek yang di evaluasi adalah pelaksanaan pembelajaran tematik sudah baik dan mulai kegiatan pendahuluan, inti, penutup, dan suasana kelas selama pembelajaran tematik berlangsung terlihat antusias dan siswa aktif.Komponen product meninjau hasil belajar siswa kelas IV pada tema peduli terhadap makhluk hidup sudah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) Sekolah.

Kata Kunci: Evaluasi Program, CIPP, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:56
Last Modified: 18 Dec 2023 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item